header-int

Pelepasan dan Perpisahan Peserta Didik Kelas 12 Angkatan 32

Jumat, 28 Mei 2021, 08:16:44 WIB - 139 View
Share

Pelepasan dan Perpisahan Peserta Didik Kelas 12 Angkatan 32

     Perpisahan dan pelepasan siswa Kelas 12 merupakan agenda rutin sekolah yang dilaksanakan setiap tahun setelah semua proses pembelajaran Kelas 12 selesai atau setelah Ujian Sekolah selesai dilaksanakan. Selain sebagai ajang silaturahmi antarsiswa, orang tua, dan warga sekolah, acara ini juga sebagai prosesi melepas siswa Kelas 12 yang telah menyelesaikan masa belajarnya selama tiga tahun di jenjang SMA (Sekolah Menengah Atas). Mereka akan kembali ke tengah-tengah masyarakat sebagai pribadi yang lebih dewasa dalam berpikir dan bertindak dalam menentukan masa depannya, untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi atau memasuki dunia kerja.

     Pada perpisahaan tahun ini merupakan salah satu program OSIS SMA YPK yang kedua kali di laksanakan dengan metode daring atau online melalui Channel YouTube OSIS SMA YPK karena masih adanya kasus Covid-19 yang masih belum menurun. Oleh karena itu, para tamu undangan pelaksanaan pelepasan dan perpisahan siswa Kelas 12 di AULA YPK tetap menerapkan protokol kesehatan. Acara ini dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Mei 2021, selain sebagai ajang silaturahmi dan menghidupkan rasa kebersamaan antarsiswa yang sebentar lagi menjadi alumni dan juga sebagai refresing setelah melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas Ujian Sekolah.

     Acara diawali dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Munir, agar acara ini berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan. Kemudian, setelah doa selesai para hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars YPK.

     Laporan akademik dan prestasi peserta didik tak luput juga disampaikan pada acara ini. Bapak Ismuji, S.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum menyampaikan laporan akademik dan prestasi peserta didik baik itu bidang akademik maupun nonakademik. Bapak Ismuji juga menyampaikan tentang pelayanan SMA YPK kepada peserta didik untuk medapatkan perguruan tinggi. Pesan dari Bapak Ismuji yaitu ingatlah selalu gurumu, karena beliau lah yang telah memudahkan anak muridnya meraih keberuntungan di dunia maupun akhirat.

     Setelah pelaporan kegiatan akademik dan prestasi siswa, kemudian sambutan pertama dari Bapak Drs. H. Rakim, M.Pd, selaku Kepala SMA YPK. Dalam sambutan ini Bapak Rakim menyampaikan bahwa pembelajaran daring banyak menuai hambatan. Namun, SMA YPK tetap maksimal dalam memberikan pembelajaran maupun pelayanan PTN kepada siswa dan akan terus mengawal mereka untuk mendapatkan PTN. Harapan dari Bapak Rakim semoga pandemi ini cepat berakhir dan pembelajaran dapat dilaksanakan secara tatap muka. Bapak Rakim juga menyampaikan pesan kepada peserta didik angkatan 32 “berjuanglah dengan semangat untuk mencapai kemandirian yang cemerlang.” Pada kesempatan ini Bapak Rakim juga secara resmi menyerahkan kembali peserta didik kepada orang tua.

     Perwakilan orang tua dan siswa juga memberikan sambutan dalam acara perpisahan ini. Sambutan dari orang tua diwakili oleh Bapak Heru Herjanto dan dari peserta didik diwakili oleh Nabil Ahmad Zaky. Bapak Heru menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru dan sekolah dimana selama 3 tahun ini telah mendidik anak-anak baik offline maupun online. Tidak hanya itu, Bapak Heru juga mengapresiasi Bapak dan Ibu guru serta sekolah dalam menghadapi pandemi ini tetap melayani pembelajaran maupun pelayanan PTN secara maksimal.

     Selain sambutan dari perwakilan orang tua, Nabil Ahmad Zaky mewakili peserta didik angkatan 32 juga memberikan sambutan. Pada kesempatan ini Nabil berterima kasih kepada SMA YPK yang telah membimbing 3 tahun lamanya dan memohon maaf atas khilaf yang disengaja maupun tidak disengaja. Harapan dari Nabil, semoga SMA YPK dapat terus mencetak generasi muda yang berguna bagi bangsa.

     Sambutan terakhir dalam acara perpisahan peserta didik angkatan 32 ini yaitu disampaikan oleh Bapak Thatit Surya Arjanggi selaku Ketua Yayasan Pupuk Kaltim. Bapak Thatit memberikan pesan kepada peserta didik SMA YPK baik yang belum lulus maupun baru saja lulus bahwa kompetensi dalam diri sendiri harus dirancang sedemikian rupa agar dapat menghadapi perubahan-perubahan di dunia seperti sekarang ini yang disebabkan oleh pandemi. Selain itu, Bapak Thatit juga menambahkan bahwa karakter positif dari peserta didik juga harus selalu ditonjolkan yang meliputi akhlak, disiplin, kejujuran, semangat, kerja keras, dan bertanggung jawab.

     Akhir dari acara perpisahan ini yaitu pemutaran video kesan dan pesan dari Bapak/Ibu guru untuk peserta didik angkatan 32, pengalungan gordon orang tua kepada anaknya, serta kesan dan pesan dari peserta didik.

     Tetap semangat peserta didik SMA YPK, semoga kita semua dijauhkan dari wabah dan musibah, serta kita semua diberikan sukses dunia dan akhirat.

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2021 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube