header-int

Juara 3 Duta GenRe Kota Bontang Tahun 2021

Senin, 15 Mar 2021, 21:43:35 WIB - 467 View
Share

Juara 3 Duta GenRe Kota Bontang Tahun 2021

     Dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe). Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

     Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

    Pemerintah Kota Bontang dalam menyikapi hal ini dan juga memperingati Hari Perempuan, melalui DPPKB Kota Bontang menjaring anak-anak muda pada ajang pemilihan Duta Genre guna memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya remaja tentang “keluarga adalah segala-galanya.”

     SMA YPK dalam ajang ini mengirimkan satu perwakilan yaitu Isnaniah Mawati (XI IPS 3) yang sekaligus meraih Juara 3 Duta GenRe 2021 Kota Bontang. Putri dari Bapak Mohammad Ali dan Ibu Sulimah ini selalu mempunyai motivasi mengamalkan salam GenRe dan ingin berkarya. Bimbingan dari Ibu Ika Masyawati, S.Pd. juga menjadikan Nia (panggilan akrabnya) lebih percaya diri dalam mengikuti ajang ini.

     Pemilihan Duta Genre ini diikuti oleh seluruh pelajar SMA dan PIK-R se-Bontang. Perjalanan Nia menorehkan juara juga tidak mudah, banyak tahapan yang harus dilalui. Pertama kali yaitu melakukan pendaftaran lalu tes tertulis dan setelah itu wawancara. Kemudian, terpilih 18 finalis dan di semi karantina untuk pembekalan diri persiapan grand final dan melakukan psikotes. Tanggal 13 Maret 2021 menjadi acara puncak yaitu grand final diawali dengan terpilihnya 6 putri dan putra yang akan mempromosikan program kerjanya dan dipilih lagi menjadi 3 orang putra dan putri untuk merebutkan juara 1, 2, dan 3.

     Keberadaan Duta Genre sekaligus menekan maraknya permasalahan remaja, dan yang yang paling menonjol adalah permasalahan seputar seksualitas. Persoalan HIV/AIDS, penyalahgunaan narkoba dan rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan usia kawin pertama yang relatif masih rendah, masih menimpa remaja, sehingga peran Duta Genre perlu terus digiatkan.

     Sekolah sangat mengapresiasi atas prestasi yang torehkan Isnaniah dalam pemilihan Duta GenRe 2021 Kota Bontang. Semoga dapat menjadi inspirasi serta mengedukasi para remaja di Kota Bontang maupun nasional nantinya.

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2021 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube