header-int

Sejarah SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang

Posted by : Administrator
Share

Bontang tahun  1980. Hutan-hutan  baru  saja dibuka. Pemukiman yang terdiri  dari camp-camp  tempat  menampung  karyawan  PT. Pupuk Kaltim baru beberapa.  Jalan-jalan penuh  lumpur sampai ke lutut. Para  pionir berkutat  mengerjakan  proyek  pabrik  Kaltim-1 yang merupakan  cikal bakal berdirinya kompleks pabrik pupuk PT. Pupuk Kaltim (Persero). Demikianlah situasi dan kondisi saat itu.

Seiring dengan berjalannya waktu, jerit tangis gelak tawa anak-anak mulai mewarnai kehidupan  yang terasing  ini. Kehadiran keluarga para karyawan ini mulai menghentakkan  pikiran akan pentingnya pendidikan. Mereka ingin anak-anak mereka mendapat  pendidikan yang baik. Di  lain sisi di  Bontang  pada  saat  itu  belum  tersedia sekolah yang memadai  untuk pendidikan anak-anaknya. Kesulitan mendapatkan  pendidikan yang diinginkan pada waktu itu membuat para pimpinan perusahaan  mulai berpikir tentang pentingnya keberadaan    sebuah    lembaga   pendidikan.   Maka   didiirikanlah sebuah TK sederhana  pada tanggal 17 Agustus 1981 yang berlokasi di PSH (sekarang Hotel  Equator).  TK  itu  adalah TK  Ganesha yang diresmikan oleh Dirut PT. Pupuk Kaltim saat  itu, Ir. James Simanjuntak. Inilah cikal  bakal Yayasan Pupuk kaltim (YPK). Sejarahpun dimulai. Setahun kemudian didirikanlah sebuah SD, masih  di  lokasi  yang  sama.  Inilah  salah  satu  daya  tarik  bagi karyawan yang datang berikutnya mau berkarya di daerah terpencil ini.

Tanggal 17 Mei 1982 dibentuklah  Panitia Pendidikan Keluarga PT. Pupuk Kaltim (Persero)  yang diketuai  oleh  Gabriel S. Trisunjata dengan  anggota  Bachtiar Effendi,  Taufik Amrullah,  Rosma Asrin Yacob, Sjahid Daroini, Iman Santoso, Joris de Fretes, Deddy Soedarsono, Rustono Rusmin, dan Adam Arifin. Panitia inilah yang membidani pendirian TK dan SD YPK yang permanen yang berlokasi di  kompleks  perumahan   PC VI  PT. Pupuk  Kaltim.  Dan  tonggak penting  dalam  catatan   sejarah  pendidikan  di  PT. Pupuk  Kaltim tergelar dengan didirikannya YPK pada tanggal 23 Februari 1983.

Sejarah tidak berhenti  di situ saja karena peristiwa penting lainnya juga terjadi pada tahun tersebut  yaitu dengan dibukanya SMP YPK. Ini adalah  sebagai kosekuensi dari semakin banyaknya karyawan yang membawa keluarganya ke Bontang. Pada awalnya baru dibuka 2 kelas dan tempatnyapun masih menumpang di SD (sekarang SD-1). Kegiatan belajarnyapun  dilakukan siang hari (mulai jam 13.00) setelah  jam kegiatan SD selesai. Itu berlangsung sampai beberapa tahun. Barulah pada tanggal 17 September 1986 gedung permanen SMP YPK  diresmikan  pemakaiannya  oleh  Ir. Nanang  S. Sutadji, Direktur  Teknik PT. Pupuk  Kaltim   saat   itu.  Dengan demikian berakhirlah masa menumpang.

Tahun-tahun berjalan, dengan disadari atau  tidak, ternyata  siswa- siswi SMP sudah  duduk di kelas akhir. Permasalahan  kebutuhan akan  pendidikan  yang lebih  tinggi  muncul.  Pilihannya, tetap  di Bontang atau  mencari sekolah ke tempat  lain, ke Jawa misalnya. Sekali lagi dengan  semangat  ingin mendampingi secara  langsung putra-putrinya  beranjak  dewasa  layaknya  sebuah  keluarga yang ideal,  dan   agar  tidak  memecah   konsentrasi   karyawan  dalam bekerja,  maka  dirintislahlah  pendirian  sebuah  SMA.  Sedangkan untuk menepis kekhawatiran karyawan akan pendidikan yang bermutu  yang setara  dengan  sekolah-sekolah yang ada  di  Jawa, maka direkrutlah guru-guru berkualifikasi S1 secara bergelombang dari perguruan tinggi-perguruan tinggi pencetak guru yang disegani di negeri  ini. Berdirilah  SMA YPK  ditandai  dengan  terbitnya  izin operasional   pada   tanggal  28  Oktober   1985.  Kegiatan  belajar mengajar yang pertama  kali diselenggarakan pada bulan Juli 1986 dan sementara menumpang pada gedung SMP  YPK yang juga masih baru. Barulah pada tahun  1987 gedung SMA berdiri dan langsung difungsikan. Mereka  meyakini  bahwa  urusan  pendidikan  putra- putrinya sampai dengan tingkat SMA telah berada di bawah asuhan lembaga pendidikan yang tepat. 

Kini SMA Yayasan  Pupuk Kaltim telah berkiprah selama 31 tahun, menjadi sekolah unggulan di kota ini, namanya  terdengar  hingga tingkat nasional oleh karena prestasi  siswa, guru, kepala sekolah, dan sekolahnya. Sekolah ini telah melahirkan ratusan dokter/dokter gigi, ratusan   teknokrat,   ratusan   birokrat,  pengusaha-pengusaha sukses, dan sebagainya baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dan saat  ini,  Tahun  Pelajaran  2016/2017,  dengan  65 guru  dan karyawan  dan  658 siswa tetap  berkomitmen  untuk  meneruskan budaya “Homebase-nya para  juara”,  menjadi sekolah kewirausahaan, dan membawa SMA Yayasan Pupuk Kaltim menjadi “The gateway to prominent universities”.

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2017 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube