header-int

USBN 2019 SMA YPK Berbasi Komputer

Senin, 18 Mar 2019, 13:03:40 WIB - 196 View
Share

USBN 2019 SMA YPK Berbasi Komputer

Selama 2 pekan kedepan, sejak Senin hingga Jumat tanggal 18 - 19 Maret 2019 SMA YPK menyelenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berbasis Komputer.

Selama 2 tahun berturut-turut SMA YPK menyelenggarakan USBN ini dengan berbasis komputer. Para siswa mengerjakan soal-soal menggunakan 3 lab komputer dan ruang kelas dengan membawa laptop masing-masing. Agar dapat mengikuti ujian ini, komputer harus terinstal dengan aplikasi yang dikembangkan oleh Tim IT sekolah yang dipimpin oleh Bapak Ismuji, S.Pd. Setelah itu, laptop dan komputer harus konek dengan jaringan lokal yakni wifi kelas. Tepat jam 07.30 wita hingga selesai para siswa menjalankan software dan login dengan akun masing-masing dan memasukkan token yang diberikan pengawas untuk dapat membuka soal. Selama 120 menit para siswa mengerjakan soal pilihan ganda dan isian. Setelah waktu berakhir siswa dapat mensubmit hasil kerjaaannya.

Dari pantauan wartawan sekolah, pelaksanaan USBN Berbasi Komputer pada hari pertama berjalan dengan lancar tanpa ada halangan yang berarti. Pada pelaksanaannya Jika ada kendala, sekolah sudah menyiapkan teknisi dan proktor yang bertugas memnyelesaikan permasalahan teknis yang ada, misalnya jika ada siswa yang terlogout secara tiba-tiba maka pengawas ruangan cukup memanggail proktor dan teknisi untuk mengatasinya. SMA YPK merupakan satu-satunya sekolah di Kota Bontang yang menyelenggarakan USBN Berbasis Komputer. Untuk memastikan semuanya berjalan lancar, sekolah menyediakan CCTV di tiap-tiap ruangan yang dapat lansung dipantau dari ruang utama.

USBN Berbasis Komputer sangat efektif dan efisien jika dibanding dengan yang berbasis kertas. Para pengawas ruangan tidak perlu membagikan soal pilihan ganda tapi cukup membagikan 6 digit token agar para siswa dapat membuka soal dan mengerjakannya. Diakhir tes Soal Pilihan ganada tidak perlu dikoreksi dan nilai dapat langsung diketahui. Pada USBN kali ini nilai sengaja di hiden karena adanya soal uraian yang perlu dikoreksi secara manual. Nilai USBN merupakan akumulasi dari soal pilihan ganda (75%) dan uraian (25%).

Seluruh siswa kelas XII baik IPA maupun IPS mengikuti ujian ini dengan penuh semangat dan antusias. Mereka mengerjanak soal ini tanpa ada kendala teknis yang berarti. Hal ini dikarenakan jauh hari sebelum pelaksanaan USBN Berbasis Komputer mereka sudah terbiasa dengan ujian berbasis komputer yang ada di SMA YPK baik berupa Try Out Bersama, Latihan Harian, dan Try Out Mandiri di rumah.

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2019 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube