header-int

Sebanyak 9 hewan qurban civitas akademika dan alumni SMA YPK

Rabu, 29 Agu 2018, 11:46:04 WIB - 191 View
Share

Sebanyak 9 hewan qurban civitas akademika dan alumni SMA YPK

Kurban berasal dari Bahasa Arab yang berarti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah. Ssecara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan ritual kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah. Ritual kurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Adapun dalil tentang perintah berqurban diantaranya:

“Sesungguhnya Kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu, maka sholatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah kurban.” (Q.S. Al-Kautsar: 1-2)

”Daging-daging kurban dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi Ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.” (Q.S. Al-Hajj: 37)

”Biasanya Nabi biasanya berkurban dengan dua ekor kambing kibas putih yang bagus dan bertanduk. Beliau menyebut nama Allah dan bertakbir, dan beliau meletakkan kakinya di samping binatang itu.” Dalam suatu lafadz: ”beliau menyembelih dengan tangan beliau sendiri.” Dalam suatu lafadz: ”dua ekor kambing gemuk.” Menurut Abu Awanah: ”dua ekor kambing yang mahal.” dengan menggunakan huruf tsa, bukan siin. Dalam lafadz Muslim: ”Beliau membaca Bismillaahi walloohu akbar.” 

Pada Hari Raya Idul Adha 1439 H/ 2018 M ini, SMA YPK menyembelih 9 hewan qurban yang terdiri dari 4 ekor sapi dan 5 ekor kambing. 2 Ekor sapi dan 5 ekor kambing dari para Shobibul Qurban, sementara 2 ekor sapi dari para siswa yang latihan berqurban.

Kegiatan penyembelihan hewan qurban ini dilaksakanan selama 2 hari yaitu Hari Rabu, 22 Agustus 2018 dan Kamis 23 Agustus 2018 bertempat di halaman belakang SMA YPK. Penyembelihan ini dilakukan oleh para panitia qurban yang terdiri dari seluruh dewan guru dan para pengurus Rohis serta OSIS SMA YPK. Yang bertindak sebagai penyembelih qurban yaitu Drs. KH. Misbahul Munir, M.Pd.I guru PAI SMA YPK. Koordinator dari Kegiatan ini yaitu K. Adi Suwito, M.Pd.I Guru PAI SMA YPK yang tahun 2017 menjadi Guru PAI Tauladan dan terbaik Nasional dalam Lomba Guru Berprestasi.

Dalam penyaluran hewan qurban, tim berkorrdinasi dengan BPUI PKT dan diberikan kepada para mustahiq, diantaranya;

  1. Pesantren Al-Barokah Bontang Lestari

  2. Pesantren Syaichona Cholil

  3. Masjid Ridhatullah Teluk Pandan

  4. Warga sekitar kuburan Lhoktuan.

Selain untuk para mustahik, sebagian kecil daging dari hewan Latihan Qurban dibagikan kepada para siswa untuk dimasak dan diolah menjadi siap saji dan semua itu dilombakan antar kelas. Daging, tulang dan dalamanan di oleh oleh masing-masing kelas. Kegiatan ini berlangsung pada Hari Kamis, 23 Agustus 2018 bertempat di Halaman A. sejak jam 09.00 Wita hingga selesai. Para siswa sangat antusias mengikuti lomba ini. Setelah selesai diolah, tiap-tiap kelas menyerahkan sampel masakan untuk dinilai oleh para dewan juri. Selain itu para siswa dapat makan bersama-sama hasil olahannya. Tujuan dari kegiatan ini untuk mendidik para siswa dalam mengolah daging, tulang dan dalaman.

Alhamdulillah semua kegiatan berlangsung dengan baik tanpa ada halangan yang berarti. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk semuanya.

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2019 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube