header-int

Pojok Perpustakaan SMA YPK

Kamis, 08 Nov 2018, 14:14:22 WIB - 52 View
Share

Pojok Perpustakaan SMA YPK

Iqra' yang berarti bacalah. Itulah salah satu bunyi ayat Al-Quran yang pertama kali diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat jibril untuk dijadikan pedoman hidup umat manusia. Membaca merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Banyak manfaat yang didapat jika kita membaca.

Dengan membaca dapat menambah ilmu, pengetahuan, pemahaman, pengalaman hidup, terhindar dari penyakit alzimer alias kepikunan. Dengan membaca secara otomatis kita mengaktifkan urat saraf kita. Otak kita semakin bekerja dengan baik dan energi positif akan terpancar dari diri kita.

Salah satu kegiatan siswa SMA YPK dikala jam istirahat, mereka mengunjungi perpustakaan untuk membaca koleksi pustaka yang ada disana. Diperpustakaan SMA YPK tersedia sekitar 12.000 eksemplar buku dengan berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang tentunya tidak hanya materi pelajaran saja, banyak ilmu yang lain yang disiapkan sekolah ini untuk ditimba oleh segenap civitas akademika. Ilmu komputer, teknik, kedokteran, kesehatan, ilmu ipa, sosial, hukum, insiklopedia, majalah, koran dan lain sebagainya.

Tahun sebelumnya perpustakaan ini menjadi 10 perpustakaan SMA terpavorit di Indonesia. Perpustakaan SMA YPK sangat luas, nyaman dan enak untuk dikunjungi. Dengan banyaknya pendingin ruangan, bersih, segar, pencahayaan yang sangat memadai membuat para siswa suka berkunjung dan betah berlama-lama di ruangan perpus ini. Selain itu pelayanan yang ramah dan friendly membuat suasana perpustakaan semakin memukau.

Rata-rata dalam sehari sekitar 450 siswa dari 650 civitas akademika SMA YPK mengunjungi perpustakaan ini. Mereka membaca buku, majalah, browsing di internet, pinjam buku, mengembalikan, diskusi dan persiapan lomba. Tutur Bapak Samingun selaku Pustakawan SMA YPK.

Selain menjadi Pustakawan, Pak Samingun juga merupakan orang tua dari 3 orang putra putrinya yang semuanya sekolah di SMA YPK. Putra pertama lulus tahun 2015 dan melanjutkan ke UGM yang sebentar lagi Wisuda. Putra kedua lulus tahun 2017 dan melanjutkan ke Universitas Negeri Jember. Putri yang ketiga sedang duduk dibangku kelas 12 SMA YPK.

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2018 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube