header-int

PASKIBRAKA 2018 dari SMA YPK

Selasa, 25 Sep 2018, 07:38:37 WIB - 233 View
Share

PASKIBRAKA 2018 dari SMA YPK

Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, yang telah mencurahkan rahmat dan taufiq bagi kita semua. 

Pengalaman sukses kali ini dari 3 orang siswa terbaik SMA YPK pada kegiatan PASKIBRAKA Tingkat Kota Bontang tahun 2018. Tim inilah yang akan bertugas untuk menaikkan dan menurunkan bendera pada peringatan HUT RI Ke 73 Kota Bontang.

3 orang siswa SMA YPK yang tergabung dengan Tim PASKIBRAKA Kota Bontang diantaranya:

  1. Amirah Meutia Noorfadila / 11 IPA 1
  2. Richard Gelisar / 11 IPS 2
  3. Ainaiya Arum Puspita/ 12 IPA 4

Untuk menjadi tim PASKIBRAKA Kota Bontang sangat susah dan penuh perjuangan dan kesabaran. kali ini kami akan berbagi sedikit cerita tahapan demi tahapan yang harus dilalui hingga nanti menjadi tim yang sangat bergengsi ini.

 Seleksi :
- Yang paling awal, tes kesehatan masing-masing peserta di puskesmas, lalu surat kesehatannya di kirim beserta formulir yang lainnya.
- Pertama seleksi tinggi dan berat badan. Harus ideal.  Tinggi badan - 110 = berat ideal. 
- Kedua Seleksi wawasan nusantara. Itu merupakan tes tertulis, ditambah bahasa inggris.
- Ketiga tes wawancara serta psikologi oleh psikolog
- Keempat tes fisik/ tes samapta. Lari keliling lapangan lang-lang sebanyak-banyaknya. Lalu sit up, push up, pull up.
- Kelima tes  pantohir. Tes untuk mengecek bentuk tubuh yang tidak boleh ada kecacatan. Seperti tangan harus lurus, kaki harus lurus, dan lain-lain.
- Penyisihan peserta hingga menjadi 55
- Lalu ada MCU, medical check up di RSUD. Di situ kami di tes urin, darah, ronsen, dan tes jantung.
- Hingga pengumuman lolos menjadi calon PASKIBRAKA 2018 yg berjumlah 45 orang.

Latihan:
- Waktu latihan dimulai dari tanggal 5 Juli 2018- 18 Agustus 2018. ( 2 minggu terakhir di karantina di Oak Tree). Selama pelatihan mulai dr tanggal 5 Juli bertempat di Lapangan Bessai Berinta/lang-lang. 

- Pembina : kalau CAPAS (Calon PASKIBRAKA) biasanya memanggil nama Bang Arfan, Bang Andre, Bang Gerry, Pak Gede, Pak Eko, Bu Yoris, Pak Alwis, dll. Masing-masing ada yg berasal dari Polres, Kodim,Rudal. Selain itu, ada juga dari purna PAKIBRAKA Kota Bontang, Kak Haer, Kak Wandy, Kak Rudy dan masih banyak lainnya.

 

Pesan dan kesan:

Untuk kesan, selama mengikuti ini saya beserta teman-teman sangat mengalami banyak perubahan. Di mana kami belajar cara disiplin yang betul, dan sangat menghargai waktu. Tahu dimana  untuk bercanda dan serius. Serta menghargai siapa saja terutama untuk orang yang lebih tua daripada kita. Sedih dan senang semua kita alami bersama sama. Susahnya pada saat latihan, senang pada saat kamu sukses mengibarkan serta menurunkan bendera. Semua itu karena jiwa korsa, komando satu rasa. 
 
Pesannya, jangan gampang menyerah walaupun sesulit apapun itu. dari awal kita datang karena niat kita mencapai suatu tujuan atau impian kita. Gapai dan terus semangat! Salam Paskibraka!

Saran untuk adik kelas, yang mau menunjukan rasa cinta  tanah air, bisa mengikuti paskibraka. Jangan takut, semua tidak seburuk yang dipikirkan kok. Masalah gosong sudah pasti, tapi bakal balik lagi dalam waktu cepat. Pengalaman banyaaak sekali di dapat. Tour paskibnya juga oke banget loh. See you adik-adik calon paskibraka  2019. (Amirah)

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2019 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube