header-int

Kunjungan ke Sumber Belajar

Rabu, 27 Nov 2019, 08:29:31 WIB - 23 View
Share

Kunjungan ke Sumber Belajar


        Pada Selasa, 26 November 2019, siswa kelas XI IPA SMA Yayasan Pupuk Kaltim melakukan kunjungan ke sumber belajar di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kota Bontang. Hal ini bertujuan agar siswa dapat belajar alur pemrosesan sampah mulai dari awal sampah dikumpulkan di TPA, pemilahan sampah, dan pengolahan sampah yang masih bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomi. Selanjutnya, siswa melakukan observasi dan wawancara dengan pegawai TPA.

        Ketika berada di lokasi TPA, siswa dibagi menjadi 3 kelompok yang langsung meninjau lokasi pengolahan sampah plastik, pengolahan sampah organik menjadi kompos dan gas metana, serta tempat pengolahan limbah cair yang dihasilkan di TPA sebelum dibuang ke aliran sungai. Setiap siswa mengumpulkan laporan hasil wawancara berdasarkan panduan lembar kegiatan siswa. Tugas ini merupakan kolaborasi mata pelajaran Kimia yang membahas tentang topik lingkungan dan mata pelajaran Kewirausahaan tentang analisis peluang usaha dari daur ulang sampah. Guru pendamping : Agus Srihono, Anik Kusmiatun, Oktavian Hendra, dan Choirul Abidin.
         Kunjungan ke TPA Kota Bontang ini diharapkan dapat menjadi sarana edukatif bagi siswa untuk mengurangi jumlah sampah dan lebih bijaksana dalam mengelola sampah.

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2019 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube