header-int

Guru Kimia SMA YPK menjadi Guru Inti 2019

Rabu, 20 Nov 2019, 07:05:20 WIB - 13 View
Share

Guru Kimia SMA YPK menjadi Guru Inti 2019

Kemdikbud melalui PPPTK IPA Bandung menyelenggarakan pelatihan dan pembekalan bagi calon Guru Inti 2019 untuk mapel Kimia, Fisika, Biologi dan IPA.

Kegiatan ini berlangsung pada 5-11 November 2019 di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA, Jl. Diponegoro 12 Kota Bandung Jawa Barat.

Untuk bidang kimia, peserta diikuti oleh 26 guru kimia dari berbagai provinsi di Indonesia. Adapun yang dapat menjadi peserta yaitu guru kimia yang Nilai Ujian Kompetensi (UKG) 2015 terbaik se-Indonesia.

Provinsi Kaltim diwakili oleh 3 orang guru kimia dari Kota Bontang, Samarinda dan Balikpapan. Untuk Kota Bontang Kaltim, Bidang Kimia diwakili oleh Guru Kimia SMA Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) Bontang Bapak Moh. Bahri, S.Pd.Si yang nilai UKG 2015 mendekati 100.

Selama sepekan guru-guru dilatih dan dibekali tentang cara pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) sesuai metode pembelajaran negara-negara maju saat ini. Acara pembekalan diawali dengan pembukaan oleh Kemdikbud yang diwakili kepala dirgen GTK Jakarta, selanjutnya acara pembekalan sejak pagi jam 08.00 WIB hingga malam sekitar jam 21.30 WIB. Selain itu ada Lembar Kerja 1 hingga 7 (LK 1-7) yang harus diselesaikan oleh seluruh peserta sesuai deadline yang diberikan fasilitator.

Peserta pelatihan yang lulus akan menjadi Guru Inti Zonasi. Peserta dinyatakan lulus jika nilai pelatihannya minimal Baik. Adapun nilai untuk Guru Kimia SMA YPK Bontang kategori *Sangat Baik*, dengan nilai Pretes terbaik dari seluruh peserta yang ada.

Alhamdulillah, dengan mengikuti kegiatan ini kami semakin mengetahui bahwa kualitas pembelajaran yang baik akan menentukan masa depan bangsa dan negara. Semoga ilmu yang kami peroleh menjadi ilmu yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan pada proses pembelajaran kimia dan dapat pula di seminasikan dan ditularkan pada guru-guru yang ada di zonasi. Terima kasih kami sampaikan kepada Kepala SMA YPK, managemen YPK, PPPTK IPA Bandung dan Kemdikbud yang telah memberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan. Tutur Bapak Bahri pada media ini.

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2019 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube