header-int

Belajar langsung pada sang ahli, Tere Liye

Kamis, 01 Nov 2018, 16:43:10 WIB - 47 View
Share

Belajar langsung pada sang ahli, Tere Liye

Sumber Foto: http://bontang.prokal.co/read/news/22304-tere-liye-sebar-virus-menulis-di-lingkungan-pupuk-kaltim.html

Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) merupakan sebuah yayasan yang dibangun oleh PT Pupuk Kaltim (PKT) untuk menyelenggarakan pendidikan terpadu, serius, unggul, profesional dan terbaik bagi segenap putra dan putri Karyawan PKT dan segenap masyarakat Kota Bontang Kalimantan Timur dan sekitarnya. Pendidikan mulai dari jenjang PAUD, TK, SD1, SD2, SMP dan SMA.

Dengan tenaga pengajar yang profesional, tersertifikasi sesuai bidang masing-masing, berprestasi baik Lokal, Regional, Nasional maupun Internasional, sekolah dilingkungan YPK sudah berhasil mencetak insan yang berbudi pekerti luhur (Berahlakul Karimah), mandiri, cerdas yang mampu membangun bangsa Indonesia.

Dalam menyelenggarakan pendidikan YPK, selalu menyerahkan segala proses pembelajaran dan pendidikan pada sang ahli. Para Guru yang ada dilingkungan YPK berasal dari perguruan tinggi pavorit di Indonesia yang ahli dibidangnya masing-masing. 

Selain itu saat peringatan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia, YPK bekerja sama dengan PT Pupuk Kalimantan Timur mendatangkan sang Ahli Bahasa Tanah Air yang menjadi penulis banyak buku dan diantara karya-karyanya sudah difilmkan dan diangkat ke Layar Lebar maupun layar televisi.

Kegiatan ini digelar pada Hari Selasa, 23 Oktober 2018 di GOR PT Pupuk Kaltim sejak pagi hingga selesai. Seluruh Civitas Akademika YPK SD, SMP, SMA baik dewan guru maupun peserta didik dan Managemen PT Pupuk Kaltim turut hadir, pengurus dan anggota Persatuan Istri Karyawan Pupuk Kaltim (PIKA PKT), serta sekolah maupun masyarakat yang ada di sekitar lingkungan Pupuk Kaltim.dan mengikuti dengan seksama kegiatan ini hingga selesai.

Kami senang, bahagia dan banyak menambah ilmu dan wawasan yang diberikan oleh Tere Liye. Saya semakin tertarik dengan kegiatan literasi. Semoga kegiatan seperi ini dapat diadakan setiap tahunnya. Tutur salah seorang siswa SMA YPK.

Bapak Meizar Effendi dalam sambutannya menerangkan, kegiatan ini selain menyemarakkan HUT ke-41 Pupuk Kaltim dan memperingati Bulan Bahasa, sekaligus menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober mendatang. Seperti diketahui, Indonesia kaya dengan bahasa, lebih dari 600 bahasa daerah dengan keunikannya. Namun tetap dipersatukan dalam satu bahasa yakni Bahasa Indonesia.

"Kami ingin pada bulan ini menjadi satu titik balik bagi kita untuk lebih menghargai Bahasa Indonesia dan sastra. Saya berharap kegiatan ini dapat dilakukan setiap tahun. Baik talkshow maupun lomba-lomba yang terkait dengan bahasa. MIsalnya lomba cerita pendek (cerpen), puisi, drama, dan lainnya. Dalam rangka melestraikan bahasa kita," kata dia.    

Ia pun menyambut baik kedatangan penulis nasional, Tere Liye ke Bontang. Adapun maksud dan tujuan diadakannya talkshow ini guna memberikan sesuatu yang baru kepada anak-anak terutama generasi milenial. Pastinya cara bertutur zaman sekarang sudah berbeda dengan generasi sebelumnya (zaman dulu/old).

"Untuk itu kita merasa perlu mengundang Bung Tere Liye. Kita tahu, novel-novel beliau masih sangat terstruktur kosa kata dan Bahasa Indonesianya. Kita berharap juga, usai talkshow ini dapat melahirkan penulis-penulis baru yang berasal dari Kalimantan Timur (Kaltim)," harap dia.

Diharapkan, setelah ini budaya literasi dapat ditumbuhkan di sekolah-sekolah, utamanya di lingkungan sekolah YPK. "Semoga acara ini dapat memberikan berkah positif bagi kita semua dalam rangka Bulan Bahasa, melestarikan bahasa kita, serta menumbuhkan budaya literasi di lingkungan kita semua," tutup Bapak Meizar.

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2018 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube