header-int

31 Siswa Dilantik sebagai Penegak Bantara, Kader Pramuka SMA YPK yang Andal telah Ditemukan!

Minggu, 24 Nov 2019, 13:17:25 WIB - 35 View
Share

   31 Siswa Dilantik sebagai Penegak Bantara, Kader Pramuka SMA YPK yang Andal telah Ditemukan!

   Sabtu s.d. Minggu, 23-24 November 2019, sejumlah 31 siswa yang terdiri atas 15 putri dan 16 putra mengikuti serangkaian kegiatan pelantikan penegak bantara oleh dewan pembina pramuka SMA Yayasan Pupuk Kaltim. Kegiatan tersebut berlangsung lancar dengan keterlibatan DKC (Dewan Kerja Cabang) kota Bontang yang turut menggembleng para calon Bantara agar menjadi pramuka yang bermental kuat.

    Puncak kegiatan tersebut yaitu pengembaraan malam ke beberapa titik, salah satunya pengambilan badge Bantara yang diletakkan di wilayah pemakaman di daerah Pisangan yang dilakukan pada tengah malam hingga dini hari. Selanjutnya, mereka menyebrangi kolam hanya dengan berpegangan pada seutas tambang sambil membawa sebutir telur. Telur tersebut harus dijaga untuk tetap utuh hingga di sebrang kolam. Serangkaian kegiatan tersebut berjalan dengan baik.

      Puncak kegiatan ini adalah upacara pelantikan Bantara. Bantara berasal dari bahasa sansekerta yaitu pengawal atau ajudan. Dalam hal ini, para calon pengurus dewan ambalan pramuka SMA YPK tersebut diamanahi untuk menjadi  pengawal/ajudan yang tugasnya untuk mengawal dan menjaga tegak dan lestarinya pancasila, trisatya, dan dasa darma.

     Pelantikan pun berjalan khidmat. Setelah tanda Bantara resmi disematkan di bahu peserta oleh para pembina, beberapa peserta pun tampak haru hingga meneteskan air mata. Terakhir, serangkaian upacara tersebut ditutup dengan penyiraman air kelapa kepada setiap anggota penegak Bantara sekaligus dewan pengurus ambalan Pramuka SMA Yayasan Pupuk Kaltim yang baru. Semoga dengan dilantiknya para kader tersebut, tim pramuka SMA YPK semakin kuat dan siap menorehkan prestasi-prestasinya dibidang kepramukaan.

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2019 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube