header-int

Bertahan Mempertahankan Iman DI HONGKONG

Share
Posted : 30 Mei 2018
Nama Penulis:
H. Khumaini Rosyadi, S.Q., M.Pd.I
Isi Artikel:

Perjalanan Buruh Imigran di Hongkong patut dijadikan sebagai Pelajaran. Harus dibukukan untuk menjadi referensi bacaan generasi akan datang. Jauh-jauh meninggalkan kampung halaman, menepis rasa kangen pada anak dan suami yang begitu sayang, semua dilakukan untuk mempertahankan kebahagiaan keluarga, membantu penghasilan suami yang mungkin masih jauh dari kata mapan.
Sampai di Hongkong, mereka tetap berusaha untuk mempertahankan iman. Berkumpul dengan teman-teman membentuk pengajian. Meskipun tidak ada yang mahir dalam memberikan pesan-pesan al-Quran, tetapi paling tidak, mereka tetap semangat untuk membuat perubahan amal perbuatannya menjadi lebih baik lagi dan lebih sopan. Oleh karena itu, mereka mendatangkan ustadz atau ustadzah setiap Ramadhan untuk mendapatkan nasihat dan meningkatkan keilmuan. Di luar Ramadhan mereka mengadakan pengajian sekali setiap pekan. Jika tidak ada ceramah dari ustadz, materinya mereka isi dengan yasinan, tahlilan, shalawatan, dan rebanaan.
Saya, termasuk beruntung. Mendapat kesempatan untuk mengisi pengajian di daerah Yuen Long. Pengajian dengan sebutan Pesantren Jam’iyyah Raudlatul Qolbiyyah (JRQ) Yuen Long.
Koordinator Pengajian ini adalah ibu Yana. BMI yang sehari-harinya bertugas menjaga binatang peliharaan majikannya. Saya bertanya sampai memandikan peliharaannya kah? Ia menjawab, ya. Untungnya sudah ada sabun Thaharoh. Sabun yang dibuat khusus dengan formula tanah yang bisa mensucikan diri dari najis Mughalladzoh atau najis berat.
Jarak tempuh dari tempat saya tinggal, shelter yang berdekatan dengan Kantor KJRI. Flat atau shelter  saya beralamat di 116 Leigthon Road Lei Shun Cort 3/F – Causeway Bay Hongkong. Dari Causeway Bay naik bis sekitar satu jam, melewati bukit-bukit dan laut di Hongkong yang begitu indah, langsung turun ke yuen long tidak usah pindah-pindah bis, turunnya pas pemberhentian terahir bis di terminal Yuen Long.
Tetapi karena saya pada jam 10.15 pergi jalan-jalan dulu ke Disney Land menggunakan MTR – kereta cepat di bawah tanah, maka saya harus rubah route. Jalurnya dari Disney Turun Adminarti, pindah jurusan Junwan, terus sampai Maifoo turun pindah kereta lagi jurusan yuen long, turunnya di Stasiun Long Ping.
Jauh memang. Seandainya bisa bawa mobil sendiri, mungkin akan lebih cepat sampai. Tetapi beginilah transportasi di Hongkong. Sekelas general manajer pun harus berpikir ulang untuk memiliki mobil pribadi. Karena bisa jadi harga mobilnya murah, tetapi beaya parkir di jalannya dan tiap meter yang ditempuh bisa lebih mahal daripada harga mobilnya. Pemilik mobil pribadi harus membayar karena sudah menggunakan jalan umum yang dibangun pemerintah.
Hong Kong merupakan negara dengan harga rumah paling mahal di dunia. Untuk bisa membeli apartemen seluas 90 meter persegi saja, warga lokal dengan pendapatan rata-rata membutuhkan waktu 30 tahun untuk mencicilnya. Sehingga banyak dari warga di Hongkong tinggal di rumah susun yang disebut sebagai Flat atau Shelter. Adapun yang tinggal di villa-villa adalah para pengusaha kaya.
Bersyukurlah di Indonesia, semua bisa memakai motor dan mobil pribadi. Tidak perlu dihitung berapa meter jalanan yang sudah ditempuhnya. Dan juga rumah yang harganya masih terjangkau dan penuh dengan berkah. Dengan begitu usaha untuk mempertahankan iman di Indonesia harus lebih kuat lagi, sekuat buruh migran mempertahankan imannya di Hongkong.
)* Corps Dai Ambassador Dompet Dhuafa (CORDOFA), Tim Inti Dai Internasional dan Multimedia (TIDIM) LDNU, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STITSYAM) Bontang, Guru SMA YPK Bontang, Imam Besar Masjid Agung Al-Hijrah Kota Bontang, Penulis Buku: Fathul Khoir – Memahami Tajwid dengan 300 bait Syair, Perjalanan Dakwah di Eropa, Al-Ma’shumi – Metode mudah belajar Alquran, Pengantar Mata Kuliah Praktek Keterampilan Ibadah, Fiqih al-Hijrah – Kumpulan Tanya Jawab Fiqih di al-Hijrah. 

File Pendukung:
SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2018 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube